INTERMESO : 10 LAGU BARAT YANG ENAK DI KUPING GUE


Sebenernya bukan cuman kuping gue aja yang cocok dengan lagu-lagu yang gue pilih, hati gue yang paling utama. Tapi tanpa kuping, hati gue ga bakalan melted mendengar lagu lagu ini. Jadi gue pilih judul ini aja.
            Gue agak ga enak sama musisi Endonesa karena ga ngereview lagu-lagu nusantara aja. Kan udah banyak yang ngreview lagu barat, kata Ariel Noah kepada gue waktu ketemu doi. jawabannya hampir sama seperti khalayak ramai pemerhati music nusantara lainnya,, dewasa ini lagu-lagu dan secara umumnya music Indonesia mulai mundur kembali ke jaman purba. Terlebih dengan adanya boyband-boyband yang ohmegot astaghfirullah. Ga bisa dilukiskan dengan kata deh. Ada 2 kategori jenis musik Endonesa saat ini, satu menye-menye yang lainnya lipsing.
To the point, music Barat emang mempunyai dimensi yang lebih variatif dibanding music kita. Oke, gue ga mau ngomong panjang lebar lagi. Inilah daftar lagu kaporit gue dari beribu-ribu lagu Barat yang pernah gue simak. Ga suka gapapa. Gue cuman milih lagu yang ngena banget di hati gue. Tapi patut didengerin kok lagu pilihan gue. Itung-itung buat nambah koleksi playlist VCD elo #ehhh. Sekedar inpo nomer disini ga nentuin urutan. Karena ga fair nentuin urutan lagu jika elu bukan tukang VCD handal #ehhh lagi. So Check it out…

1.    Coldplay – Viva La Vida

Adalah hal yang sangat sulit ketika menentukan lagu terbaik dari Band asal Inggris ini. Kebanyakan atau bisa dibilang semua lagunya kece abis. Mulai dari Yellow, fix you,in my place, paradise, us against the world semuanya deh.  Tapi jika diharuskan  milih tetep Viva la vida yang jadi pilihan gue. Pada lagu inilah seluruh personel Coldplay menuangkan ide dan memberikan berbagai sudut pandang mengenai hidup, sejarah, dan agama. Meski ga ada unsure Rock yang berat, lagu ini sangat memotivasi sekali. Membuat jantung gue jedag jedug. Dengerin lagu ini ketika elu mau mulai aktivitas apapun, pasti kerjaan elu jadi lebih baik. Chris Martin dkk emang paling jago nyiptain lagu asyik meskipun jika teliti music Coldplay hampiir semua genre lagunya kek gitu semua. Entah kenapa kuping gue ga pernah bosen ngedengerin lagu ini. FYI, pep Guardiola waktu masih melatih Barcelona selalu memperdengarkan lagu ini ke Lionel Messi cs sebelum bertanding. Jadilah permainan tiki taka yang aduhai. Gesekan biolanya itu lhooo…
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
“……But that was when I ruled the world”

2.    The Fray – Never Say Never

Pertama gue denger lagu ini gue kira band ini hanya mengkover lagu si anak manja Justin Bieber ntu. Tapi ternyata… wow gue langsung suka lagu ini. Maaf banget ya karena telah mengunderstimatekan kalian. Suara Isaac Slade yang jernih dan mellow ini ngebuat lagu ini tambah sedih. Band yang asli Amerika ini kayaknya terinspirasi banget deh sama grup band asal Britania raya such as Coldplay, Keane or Radiohead soalnya piano menjadi instrument utama dalam lagu-lagu mereka. Lagu ini juga pernah meraih Grammy Award. Juga jangan lupa dengerin lagu lain dari band ini, how to save a life. Lagu ini bisa dikatakan sebagai tangga yang membuat mereka dipuncak belantika music dunia.
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
      “….under your command I will be your guardian….”

3.    Imagine Dragons-It’s Time

Dengerin intronya,, lo pasti langsung suka. Senang sekali mendengar lagu ini. Band ini udah lama terbentuk, tapi baru belakangan ini terkenal. Perjuangan band asal Las Vegas ini patut diacungi jempol. Berasal dari kota yang ga punya grassroot music yang kuat, Imagine Dragons berhasil menaklukkan dunia. Lagu-lagu mereka mengingatkan tentang kejayaan music rock tahun 80an. Music rancak dan cenderung cerdas. It’s Time adalah single hit mereka sebelum merilis album Night Vision. Lagu yang yang menyisipkan alat music tradisional ini pasti bikin pagi lo menjadi lebih indah. It’s time, inilah waktu yang tepat buat ninggalin Las Vegas dan bertemu dengan dunia. Dengerin aja.  Sekedar saran, dengerin semua lagu di Night Vision,, jaminan ga nyesel.
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
   “….the path to heaven runs through miles of clouded hell….”

4.    A Rocket to the Moon – Like We Used To

Harus setuju. Lagu ini adalah lagu paling galau sedunia. Lagu aslinya pun juga sudah menunjukkan kegalauan meski masih berbau Rock alternative. Tapi gue lebih suka yang versi piano versionnya. Suara sang vokalis ditambah bunyi piano yang mellow sangat pas untuk membuat lagu ini menjadi lagu galau no.1 gue. Meskipun sekarang si vokalis udah mutusin keluar dari ARTTM yang sangat disayangkan banget menurut gue, tapi lagu-lagunya masih berkesan. Terutama lagu ini.
Bercuil-cuil lirik yang menurut gue ngena banget….
      “….does he watch your favourit movies? Does he hold you when you cry? Does he let you tell him all of your favourit parts When you’ve seen it a million times?…”

5.    Simple Plan – I Can Wait Forever

Band asal Quebec Kanada ini adalah band favorit gue sejak SD. Setiap lagu yang dibuat itu kayaknya nyeritain kisah hidup gue banget. Gue sempat curiga sama Pierre Bouvier cs, jangan-jangan mereka selalu stalkingin kehidupan gue. Kenapa ga Welcome to my life ato perfect ato I’m just a kid aja yang dipilih. Yah, berat banget sih milih satu diantara semua lagu kang Pierre ini. Tapi keputusan gue tetep bulat. Lagu ini paling ngena buat gue diantara semua lagu SP lainnya yang gue suka semua,, karena kuatnya lirik di lagu ini. Suara Pierre yang sederhana, ditambah piano di awal lagu, langsung membuat gue jatuh hati. Galau deh pasti setelah ngedenger lagu ini. Dengerin intronya langsung keinget seseorang…. Duhhhh sakit. Aku pasti menunggumu selamanya kok. Tenang aja. Lagu ini romantis banget tanpa ngilangin unsur rock dari band ini. Paling pas ngedengerin lagu ini dimalam hari waktu mau tidur setelah membaca doa.
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
            “….everytime I leave my heart turns gray….”

6.    Jason Mraz – If it kills me

Dengan gitar akustik yang selalu dia bawa di setiap penampilannya, pria ini berhasil menaklukkan dunia. Mr. A-Z ini emang ga ada matinya. Memang ada I’m Yours yang menjadi jagoan dari semua lagunya. Tapi hati gue yang mellow ini langsung setuju kalo gue milih lagu If it kills Me ini menjadi lagu favorit gue dari mas Jason. Suara melengkingnya itu lho mas, ditambah senjata utama gitar akustiknya. Sederhana. Tapi susah untuk membuat lagu yang sederhana tapi enak didengar dan bisa mengendap di pikiran manusia dalam waktu yang lama. Bang Jazz,, big respect for you….
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
“…..but I still can’t say it after all we’ve been through…”

7.    Linkin park-In The End

Sejak kemunculannya, band ini langsung mendapat reaksi positif dari public. Mengusung gaya rock yang dicampur dengan music elektrik, grup band ini langsung menjadi panutan bagi band-band yang muncul sesudah mereka. Music mereka sangat kreatif, melodi-melodi yang variatif menjadi cirri khas mereka. Sulit menentukan lagu mana yang paling asyik. Hamper semuanya enak didengar. Dengan berat hati, gue milih In the End sebagai lagu yang paling enak dari Linkin Park. Habisnya semua lagu mereka memiliki kualitas yang tinggi dan hamper setara. Sok-sokan jadi kritikus music. Simple aja, gue pilih lagu ini, karena lagu ini adalah lagu pertama yang gue denger dari band ini. Yang pertama selalu memberi kesan yang berbeda.
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
      “….but in the end, it doesn’t even matter….”

8.    The Script-The man who Cant be moved

Pokoknya lagu ini juara deh. Trio cowok Irlandia ini meraih sukses besar dengan lagu ini. Lagu yang membuat mereka mendapat tempat di percaturan music dunia. Lagu yang sebenarnya sangat galau ini menceritakan seorang yang tidak bisa move on. Ya iyalah,, judulnya aja gitu. Intinya lagu ini sangat sedih tapi dibawakan dengan elegan oleh band ini. Tidak cengeng, meski menunjukkan sisi rapuhnya sebagai laki-laki, tapi tetep maskulin. Tidak keluar dari jalur.  
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
      “….how can I move on when I’ve been in love with you….”

9.    Avenged Sevenfold – Warmness On The Soul

Gue yakin semua makhluk sepantaran gue pasti tahu siapa grup band ini. Yess its A7X. terkenal dengan single Dear God yang legendaries band ini langsung menjadi pujaan remaja Indonesia meski diluar negeri gaungnya kurang terdengar. Kenapa gue ga milih lagu Dear God aja ya, yang udah pasti seratus persen sempurna. Ahh,, mungkin biar ga mainstream aja, gue milih lagu ini. Tapi jujur lagu ini juga asik lebih-lebih lagu ini adalah lagu pertama mereka ketika pertama kali berkarier. Yups, itulah alasan sebenarnya gue milih lagu ini. Suara M. Shadows yang khas dan laki banget sangat mendukung lagu ini. Kadang melengking kadang nada rendah ditambah petikan gitarnya Zacky Vengeance semakin sempurna.  Asyik banget aransemen lagu ini. Bagi grup band beraliran heavy metal horror, lagu ini menjadi bukti sisi kemanusiaan mereka, haha.
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
                        “….but your unconditional love was always on my mind….”

10.           Atrist vs Poet – Different People

Sangat disayangkan band ini kurang dikenal dunia. Band ini ga konsisten karena keseringan gonta-ganti personel. Kini band ini hanya puya 3 personal tersisa. Lagu ini mempunyai memori yang berkesan banget buat gue. Yahh,, galau lagi-galau lagi. Suara Joe Kirkland yang mantan finalis The Voice sangat unik. Vibrasinya sangat maskulin banget. Saying doi udah out. Kekuatan utama lagu ini hamper sama dengan ARTTM yaitu suara sang vokalis didukung lantunan piano syahdu. Pokoknya yang begitu-gituan gue pasti suka.
Secuil lirik yang menurut gue ngena banget….
      “….and you’re the furthest from anything that I’ll ever call home….”



Sebenarnya masih banyak lagi lagu dari band-band yang belum kesebut. Tapi karena sebagai cowok gue harus berani membuat keputusan, gue milih 10 terasik aja. Bagi yang punya rekomendasi lagu-lagu asik yang enak dikuping boleh komen sekalian share info…. Sekian guys,, chiao. 

Comments

  1. Keren banget selera musiknyaaa...gue juga suka The Script dan pernah menikmati A rocket to the moon. Musiknya asik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak,, emang asik gila tu suara Danny O'Donoghue!!!

      Delete
  2. Coldplay! Hahaha. Wah banyak yang gue seneng juga, kayak coldplay, jason mraz, sama its time. Tapi akhir2 ini lagi ngulang mulu denger lagu2nya sleeping with sirens sama for the foxes... and wait, Angsa dan Serigala juga! Hahaha. \:D/

    ReplyDelete
  3. kellin quinn emang keren banget,, for the foxes??? belum pernah denger anee... hehe sori broo...rekomendasi lagu dari for the foxes yang bagus apa yaa? XD
    apa pula tu angsa dan serigala?? band indie kah???

    ReplyDelete
  4. Yg 2 kategori musik Indonesia itu mungkin yg dimaksud cuma buat label mayor doang. Di jalur indie ga kalah variatifnya sama yg impor.
    Genre favorit saya sih britpop, alternatif rock, sama grunge. Yg angkatan 90an sampai 2000an macam Coldplay, Linkin Park, Radiohead, Nirvana, Muse, Hoobastank, Incubus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang,, maksud ane gitu... Ane kurang femiliar ama band indie kita. Ada rekomendasi band indi keren????
      Angkatan 90an ampe 2000an emang generasi paling yahuddd :)))))

      Delete
  5. Wah banyak juga nih kesukaan laguku di daftar, coldplay, the script, LP, sama si SP

    ReplyDelete
  6. Gue juga suka yang the script.

    ReplyDelete
  7. hehe.. q kira dia ngerti betul ttng musik dri band yg ada d'atas, eh taunya pas baca narasi.y malah q kyk brasa lgi baca komik.. wkwkwk :D ngawur...

    ReplyDelete
  8. Kalau aku sih suka yang viva la vida sama the man who cant be moved

    ReplyDelete
  9. yang ane demen Coldplay – Viva La Vida ^_^
    simple plan ane suka juga tuh, apalagi yang welcome to my live. kalo a7x - dear god ^_^

    ReplyDelete
  10. Bagus. Apalagi ada The Scriptnya.

    ReplyDelete
  11. Aku suka semua rekomendasinya..
    Kalo linkin park sih bukan suka lagi malahn jatuh cinta sama semua lagu2nya,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tangkyu,,
      Chester cs emang kurang ajar haha..

      Delete
  12. Fall for you dari Secondhand Serenade juga gak kalah keren (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yess,, hampir semua lagunya ane suka juga,, especially yang your call,, its sooo amazzzinggggg

      Delete
  13. Jason M'raz masuk? Toss dululah... HEHE.

    ReplyDelete
  14. it's very good, i like it.
    http://www.sanadomino.com

    ReplyDelete
  15. Mantap mantap selera mu gan..sama lh kita..aq jg suka lagu yg pke piano nya..Alhamdulillah smua lgu yg kmu saranin dh aq DOWNLOAD..untuk jd lagu hits dcafe mini BAR qu..ini akan jd suasana asik..mksih info nya yah..tp lgu artist vs poet aq hk suka..yg laen ya oke bget

    ReplyDelete
  16. Mmmmmm
    Untuk remaja keren lagu nya, hehehe

    Ga sengaja nemu blok ini...

    Tapi aku pribadi udh 10th dari mau tamat SMA udh kurang dgn yg lagu begini... Lebih ke jazz old nya justru...

    Keren deh music agan ini

    TOP

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts