KOLOM MUSIK : DANIELA ANDRADE, THE ANGEL VOICE




Salam,,,
Ada yang tahu siapa itu Daniela Andrade? Bagi yang sudah tahu berarti pergaulan musik kalian patut diacungi jempol dan bagi yang belom tahu akan coba gue kasih hidayah lewat ceramah musik kali ini. Heuheu.

Daniela Andrade adalah artis kekinian yang lahir dari perut ibu Youtube. Yups that’s right baby, doi beken karena suka ngecover lagu dari musisi-musisi terkenal dunia. Nah, pertanyaan selanjutnya adalah kenapa dari sekian artis Youtube yang sudah lalu lalang di mesin pencari seluruh penduduk bumi gue milih Daniela Andrade untuk dikupas?

Well, penjelasannya sederhana : passion. Banyak sekali artis Youtube yang udah melegenda di dunia per-coveran seperti Boyce Acenue, Pentatonix, Maidlyn Bailey, Alex Goot, Nicole Cross, Luciana Zogbi et cetera et cetera yang udah gue dengerin dan gue cuman suka aja ama lagunya. Akan tetapi ketika pertama kali mendengar suara Daniela Andrade ini gue langsung jatuh cinta. Suaranya itu lhoooo… Suara malaikat banget kalo menurut gue.


Saat itu ‘Just give me a reason’-nya Pink sukses dia bawain dengan super duper keren bangettt. Yesss, meski gue ga pernah mau jatuh cinta pada pandangan pertama, tapi gara-gara doi gue percaya bahwa jatuh cinta pada pendengaran pertama itu benar adanya!!!

Mari sedikit banyak belajar mengenai gadis cantik ini. Daniela adalah seorang penyanyi/penulis lagu yang berpaspor Kanada namun dia adalah keturunan Honduras semi Portugal. Gadis bermata sayu ini sekarang sudah berumur 24 tahun. Dia anak pramuka banget karena lahir tanggal 14 Agustus.

Modal utama Daniela dalam mengarungi dunia permusikan adalah suaranya yang malaikat banget, kombinasi antara suara yang lembut, empuk, menenangkan namun juga sangat kuat, jelas, khas dan soulful. Kalo dikomparasikan dia sedikit mirip Norah Jones, Feist atau Regina Spektor. Dia punya kanal youtube di Daniela Sings yang dari keseluruhan videonya sudah dilihat lebih dari seratus juta kali (gue nyumbang seribu view kayaknya) dan Subscriber yang sekarang ini lebih dari 600.000 and still counting…


Awal mula dia terjun di dunia peryoutuban adalah pada bulan Maret 2008. Beberapa bulan setelahnya dia merilis video covernya yang pertama yaitu ‘Say its Possible”. Tujuan awal dia membuat video cover itu sederhana, dia pingin mengekspresikan dirinya dan membagikannya kepada keluarga dan teman dekatnya. Namun, karena suaranya yang sangat khas itu membuat banyak orang tertarik maka gadis jelita ini mulai rajin mengcover banyak lagu.

Jika melihat video pertamanya gue harus setuju kalo kualitasnya masih sekedar amatiran. Namun, berkat penonton yang semakin banyak dan namanya yang mulai dikenal dia mulai menyeriusi penggarapan videonya. Dari sini gue bisa melihat pertumbuh-kembanganan kecantikannya dirinya yang awalanya sangat polos, pemalu, jarang bicara kini menjelma gadis yang supel, pede dan masih tetap polos untungnya. Hehehe.


Beberapa lagu yang ngehits darinya dan sudah disaksikan banyak viewer adalah Creep-nya Radiohead and Crazy-nya Gnarls Barkley. Nah, selain itu masih banyak lagi. Menurut gue, lagu-lagu yang dipilihnya untuk dicover sangatlah cocok dengan karakter suaranya. Dan jujur, gue terpesona dengan lagu-lagu pilihannya. Banyak sekali lagu covernya yang belum pernah gue denger. Inilah satu dari beberapa keistimewaannya lagi. Biasanya kan kalo artis youtube lagu yang dipilih adalah lagu yang hits dan gue tahu, kalo doi beda. Dia milih lagu yang gue belum tahu. Gue jadi tambah suka sama dia, hahahaha.

Selain mengcover lagu, pacar khayalan gue ini juga udah punya beberapa lagunya sendiri. Kebanyakan yang nulis dia,  karena menulis lagu adalah hal yang dia demenin selain gue tentunya. Heuheu. “Things we’ve said” adalah album EP nya yang pertama kali. EP ini dibuat tahun 2011 sebagai hadiah dari lomba yang diadakan seorang produser musik untuk para musisi-musisi muda baru yang berhasil dimenangkannya.

Lagu-lagu dalam EP nya kebanyakan berisi tentang patah-hati dan rasa frustasi. Hal ini bukan karena dia orangnya sedang merasakan patah hati, penjelasan dia karena baginya sangat mudah dan menyenangkan untuk menulis sesuatu yang menyedihkan. Gue manggut-manggut aja karena hal ini sangat cocok banget ama karakter suaranya dan raut mukanya yang kalem-kalem gloomy. Tapi sampai sekarang dia belum buat full-album. Harapannya, semoga dalam waktu dekat ini dia bisa merealisasikan masterplan-nya. Gue sangat antusias banget nungguinnya.


Kalau ada yang penasaran dengan lagu-lagu dari mbak Daniela ini, berikut gue pilihkan lima lagu terbaik dari doi versi gue. Walaupun sebenarnya semua lagunya adorable banget.  So simak dan hayati aja yaaa …
Jeng jeng jeng jeeeengggg….

5. Just give me a reason dari Pink


4. River gold (original songnya Daniela)


3. Falling dari The Civil Wars


2. Us against the World dari Coldplay


1. Falling in love in a coffee shop dari Landon Pigg


Sekali lagi gue bilang kalo semua lagunya sangat warbiyasak. Nih ya contohnya, La vie en Rose, Stars Fell on Alabama, Phantogram, Hips Don’t Lie, Creep, Crazy, Crazy in love, Bolero, Billie Jean, Big jet Plane, ah pokoknya banyak banget yang very recommended!


Kesimpulannya, cepet deh dengerin suara malaikatnya. Untuk gadis yang satu ini, gue ga akan cemburu kalo lo tiba-tiba jatuh cinta sama dia. Mari mencintai Daniela bersama-sama. Hahahaha.
Sekian kolom musik malam kamis ini.

Wassalam.

Comments

Popular Posts