MARI BERSAJAK

“Apakah kebebasan itu bernama dan beralamat?”




HILANG
Aku ingin menghilang
bukan berarti pergi
bukan berarti mati
bukan berarti musnah
Aku hanya ingin tidak terlihat
Aku hanya ingin melihat
hujan, tempat, orang, waktu, memori, rindu 
semua hal, apa saja,
tanpa kecuali
tanpa tapi
Tanpa ada orang curiga apa yang ku lihat
Tanpa ada hakim selain Tuhan


LUPA
Apakah manusia pernah lupa?
Setiap kesempatan, jawabmu
Apa yang biasa mereka lupakan?
Nama, rasa, kata, jawabmu
Apa yang tidak mereka lupakan?
Dosamu! jawabmu


JANGAN BICARA
Aku ingin kau hadir disini
Dengan semburat senyum penuh
perhitunganmu menemaniku
Asal jangan bicara
Biarkan aku mengartikan senyum itu
Jangan kau bantu dengan bersuara
Karena mungkin aku akan kecewa
Ketika aku tahu senyummu terlalu palsu dan tak berjiwa

BEBAS
“Pernahkah engkau merasa bebas?”
“Pertanyaanmu salah,”
“Lantas apa yang harus kusuarakan?”
“Apakah kebebasan itu bernama dan beralamat?”
“Tentu. Kebebasan adalah jiwa yang tak terikat,
yang bebas berkeliaran kemanapun dia mau berlari”
“Dungu”
“Jelaskan”
“Kebebasan itu semu. Tidak nyata.”
“Maksudmu?”
“Pernahkah kau berkeliaran kemanapun kau berlari, tanpa membawa uang, tanpa peduli aturan?”
“….”
“Kebebasan baru benar-benar ada ketika engkau tidak tunduk pada nilai, pada norma, pada agama, pada uang, pada wanita, pada waktu, pada apa saja”
“….”
“Kebebasan baru muncul ketika engkau berbuat salah tanpa ada orang mencela”
“Maksudmu kebebasan tidak pernah benar-benar ada?”
“Tentu ada.”
“Membingungkan”
“Cerna kalimatku dulu”
“Aku masih tidak mengerti,”
“Kebebasan adalah jalan untuk menemukan batasan”
“Bukankah semua ada batasannya”
“Maka dari itu,”
“Jelaskan sesingkat-singkatnya”
“Carilah batasanmu dan kau akan menemukan kebebasan”
“….”

Comments

  1. Mantap blog dan Artikelnyasenang bisa menyimak . .. TOP BGT buat puisinya . . .tetap semangat buat ngblog!

    ReplyDelete
  2. Suka sekali dengan yang "BEBAS". <3

    ReplyDelete
  3. bikin manuskrip puisi aja nih, keren2....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harapannya sih gitu,, btw makasih udah mampir

      Delete
  4. Puisi yang bebas keren, saya suka... kayaknya boleh nih diajakin bikin antologi puisi hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih gann,,
      Mau banget gue diajakin buat antologi,, hahaha

      Delete

Post a Comment

Popular Posts