2193

~too much memory in just one pict~
Ada apa dibalik angka 2193? Apakah itu adalah tahun dimana Indonesia menjadi juara piala dunia? Ah ngga mungkin, masih terlalu cepat. Apakah tahun itu adalah tahun dimana Eichiro Oda-sensei nyelesein komik fenomenalnya, One Piece??? Bisa jadi. Atau tahun itu adalah tahun dimana bumi ini sudah dikuasai oleh serigala dan vampir pencari darah suci Nayla? Kelamaan banget.
Sebenarnya angka itu bukan menyimbolkan tahun-tahun tertentu. Angka-angka itu hanyalah nomor. Nomor yang selama kurang lebih sebulan ini ngeganggu kesejahteraan hidup gue. Hahaha.
Jadi gue kasih tahu aja ya,, angka itu adalah nomor kode KKN gue. Selama hampir sebulan penuh gue kemarin hidup dan bermasyarakat di dusun Selang 2, Selang  kecamatan Wonosari Gunung Kidul, Yogyakarta untuk mengabdi ke masyarakat, katanya. Tapi kenyataannya kerjaan kelompok gue cuman tidur mulu. Ahsudahlah.
personil tim kkn gue after jalan sehat se-desa Selang minus satu orang yang walopun ada tetep dianggap tidak ada wkwkwkwk #becanda lho Yan!
Selalu ada cerita di setiap perjalanan, kejadian atau peristiwa. Gue yakin temen-temen gue terutama, dan semua orang yang ngaku pernah jadi mahasiswa pasti punya kisah tersendiri dengan KKN. Jadi karna bagi gue KKN ini punya cerita dan pengaruh bagi gue jadi mending gue dokumentasikan kisah gue lewat sebentuk tulisan ga bermutu ini.
Alkisah, tersebutlah 11 orang yang disengajakan Tuhan untuk bergabung dalam satu tim sepakbola KKN. Walaupun ada beberapa yang sudah saling kenal tapi kebanyakan manusia-manusia ini belum kenal satu sama lain. Jujur, waktu pertama kali ketemu mereka saat pembekalan gue langsung kecewa dan punya feeling kelompok KKN gue bakalan ga asyik. Ternyata feeling gue salah! SALAH BESAR PAKE CAPS LOCK!!! Kelompok KKN gue ngecewain banget dan ga ada asyiknya sama sekali. Wkwkwkw. Bercanda. Maap gengs, gue kalo becanda suka serius!
Berhubung gue ga bisa nentuin kelompok KKN gue, jadi mau ga ngga mau gue harus nerima kenyataan satu kelompok dengan manusia-manusia hina itu. Hahaha. Bercanda lagi. Maap gengs, becanda gue serius banget.
Sebelum penerjunan ke daerah KKN, kelompok gue sama seperti kelompok lainnya juga sering ngadain rapat untuk ngebahas tetek bengek hal ikhwal KKN nantinya. Hal yang paling menjanjikan dari hasil rapat-rapat kelompok gue adalah kekompakan dalam segi keterlambatan. Gue salut ama mereka yang tetap setia mempertahankan budaya nenek moyang.
Nah, setelah rapat demi rapat yang tidak ada ujungnya akhirnya sampailah gue dan kelompok gue pada tanggal 1 juli 2015, tanggal dimana gue mulai KKN. Gue mau nyeritain background tempat KKN gue, Dusun Selang 2 dulu. Gue harus berterima kasih pada Tuhan karena telah ditempatkan di Selang 2 ini. Penyebabnya karena disono gue dipertemukan dengan warga yang ramah, adik-adik TPA yang so excited dan lingkungan yang ga jauh beda ama home sweet home gue. Terkhusus, gue juga terima kasih banget karena telah bertemu dan tinggal dengan keluarga idola gue, Pak Dukuh cs. Menurut gue, keluarga mereka adalah keluarga paling ideal yang pernah gue jumpai, dimana peran suami, istri dan anak saling melengkapi.
Karena bulan Juli kemarin juga ada hari Raya Idul Fitri yang membuat KKN diliburkan selama beberapa hari maka gue bagi periode KKN gue, yaitu babak pertama dan babak kedua.
1.      Babak pertama
Di babak ini, yang sudah memasuki setengah bulan Puasa, gue dan kelompok KKN gue lebih fokus pada tahap adaptasi individu. Setiap dari kami berusaha untuk memahami karakter dan watak masing-masing individu. Awalnya, tim putri yang berjumlah 6 orang dan tim cowok yang berjumlah sisanya ini  kurang deket banget. Palingan cowok-cowoknya hanya main sama sebagian cewek dan sebaliknya. Hal ini disebabkan karena tim cewek tidur di tempatnya Pak Dukuh sementara tim cowok tinggal di sebelahnya, di rumah Mamak Ugik. Ditambah lagi kami juga kalo bertemu cuma pas ada kegiatan kelompok, seperti TPA dan pas makan sahur dan buka. Juga karena tim cowok hobi banget ama yang namanya tidur. Jadi ya gitu,, suasananya kurang harmonis plus individualis. Tapi semuanya berubah ketika negara api mulai menyerang pada suatu malam diadakan rapat evaluasi interen. Setelah curhat dan sharing tentang betapa ngenesnya kelompok KKN kita yang kalo ga salah seleseinya sampai menjelang sahur. Akhirnya kami, khususnya tim cowok baru sadar kalo kami itu kurang peka dan kurang punya hubungan yang deket. Gue waktu ngedenger temen-temen gue ngungkapin perasaan mereka gue mulai panas. Bukan apa-apa. Gue panas karena waktu itu gue ngedengerin mereka sambil makan tahu goreng ditambah sambal khas buatan Ibuk Dukuh yang lumayan pedes banget itu. Hahaha.
ngerjain CH n rapat di malam hari sampai pagi bukanlah barang langka,, btw gue selalu dapat jatah duduk di kursi karena hirarki feodalisme di kelompok gue sangat terjaga

Jadi setelah malam itu, mulai muncul beberapa konsensus antara masing-masing individu untuk mulai lebih deket satu dengan yang lain dan mulai memahami dan menerima setiap karakter dan pembawaan dari semua kami.  Tim cowok yang biasanya bangun jam sepuluh mulai bangun lebih awal, yaitu jam sembilan!
kegiatan saban sore gue #TPA #games #MasjidNurIman 

2.      Babak kedua
Setelah pada babak sebelumnya kerjaan kami cuma tidur mulu maka pada babak ini, periode paska lebaran ini kami baru berKKN yang sesungguh-sungguhnya. Banyak kami punya banyak sekali agenda kelompok yang sengaja dipadatkan di babak ini. Jadi setiap malam itu kami akan selalu rapat terus. Bahkan kadang saking senengnya dengan yang namanya rapat, kami pernah rapat untuk membahas rapat. Saking padatnya agenda kelompok, gue pernah seharian down akibat kebanyakan begadang , kebanyakan berpikir dan beraktipitas. Haha. Sok-sokan. Hal positif yang bisa diambil dari semua ini adalah kami menjadi semakin dekat dan kegiatan kelompok yang sebelumnya suram mulai menjadi lebih terencana dan terprogram meskipun pada pelaksanaannya banyak yang tidak seseuai jadwal. Jadi intinya di babak ini kami adalah sebuah kesatuan. Meskipun boleh dibilang, kami adalah kesatuan yang punya banyak masalah.
foto bareng anak-anak Dusun Selang 2 setelah seharian outbond keliling dusun
Sampai pada akhir babak kedua ini tidak ada kejadian yang heboh. Walaupun setiap harinya selalu ada saja masalah yang menghampiri kelompok kami, baik yang bersifat fisik maupun psikis. Contohnya seperti betapa berbakatnya kelompok gue buat ngerusakin perabotan yang ada di rumah ibu dukuh.
Mungkin itu aja sih yang bisa gue certain tentang KKN gue. Jika ada yang pengin tahu detail kisah KKN gue, baca aja laporan catatan harian KKN gue. Detail banget. Hahaha.
keliling desa naik becak, refreshing yang justru melelahkan but its fun though 
Eh hampir lupa, gue juga mau ngasih testimoni ke teman-teman KKN gue biar gue ngga lupa kalo mereka pernah ada dan pernah ngisi beberapa bab di kitab hidup gue. Ckckckck.
1.      Dian
Di kelompok KKN ini, Dian adalah sohib paling kentel gue. Temen paling enak diajak ngobrol dan merencanakan proker-proker misterius, ambisius nan jahat. Haha. Si orang paling tua ini adalah anak band yang karena sudah termakan usia mulai terserang penyakit pikun. Mungkin karena kebanyakan masako. Pesen gue, cepetan cari ukhti! Biar hidup lo mulai tertata. Hwahahaha.
2.      Anggara
Anak musik yang satu ini emang professional banget. Ketika tidur pun dia berusaha untuk membuat nada dengkuran yang seritmis dan melodis mungkin. Hahaha. Menurut gue, Anggara ini adalah orang yang paling bisa mengimbangi level guyonan gue. Jadi kalo ada gue ditambah dia sedang membully seseorang niscaya orang itu akan hancur sehabis-habisnya. Juga, jika dia ditambahkan dengan sebuah gitar maka level ketampanannya akan meningkat tiga ratus enam puluh derajat. Hampir semua lagu bisa dia iringi. Kerennn.
3.      Ali
Kepala suku gue yang satu ini adalah anak olahraga. Meskipun badannya kecil tapi otaknya juga kecil. Hahaha. Becanda pak. Ali ini adalah orang yang selalu bisa ngambil hati orang lain melalui lidah berbisanya. Hahaha. Juga, orang ini sangat jahil. Hobinya adalah mempoto seseorang saat tidur. Hati-hati aja waktu elo tidur bisa-bisa pose alay elo pas tidur dia jepret dan dia sebar di papan pengumuman pos ronda-pos ronda terdekat.
4.      Algho
Manusia yang satu ini sangat hebat. Dalam situasi dan kondisi apapun dia bisa tidur dengan pulasnya. Diantara tim KKN yang cowok cuma Algho aja yang bisa ngimbangin level kesolehan gue. Meski gue ga pernah nunjukin kesholehan gue. Hahaha. Si manusia pelupa ini baik banget walau kadang dia juga suka berbuat konyol dan seenaknya. Hahahaha.
5.      Hatmi
Si manusia jurusan tata boga ini adalah sosok paling diandelin waktu kita-kita lagi kelaperan. Hatmi ini juga menurut gue adalah orang yang paling peka diantara kelompok KKN gue ini. Setiap bu dukuh sedang masak-masak ato ngebersihin rumah Hatmi selalu datang untuk membantu bu dukuh meski temen-temen yang lain juga gitu. Terutama gue. Gue adalah orang pertama yang selalu siap untuk membantu bu dukuh buat ngabisin makanannya. Hahaha.
6.      Wuwu
Wuwu itu gimana ya??? Hmmmm. Ukhti yang satu ini menurut gua adalah orang yang paling care diantara temen-temen yang lain. Selain itu dia adalah orang yang paling serius berKKN. Tapi dia juga kadang suka loading lama dan ga dong-an. Masalahnya dia tidak bisa bahasa jawa. Juga yang gue sebelin dari dia adalah kadang-kadang jika dia mau bicara, terus ga jadi lalu bilang, maap-maap ga jadi. Pesen gue untuk Wuwu, mbok ya yang peka dong dengan kode-kode keras akhi berkacamata jurusan bahasa inggris itu.
7.      Fitri
Gue harus minta maap yang sebesar-besarnya kepada cewek yang satu ini. Pasalnya, dia adalah korban bully gue yang paling frontal. Entah kenapa setiap ngeliat dia gue jadi pengen ngejek dia. Setelah gue pikir-pikir, gue jadi paham kalo gue sering ngehina dia karena dia adalah orang yang paling easy going diantara temen cewek yang lain. Ini serius fit! Hahaha. Si Karen, istrinya Plankton ini asyik banget meski tujuan hidupnya ga jelas. Hal yang paling konyol adalah dia lupa kalo dia punya proker penunjang di proker gue. Padahal dia ga pernah bantuin gue. Hahaha. Nah lo!
8.      Hesti
Setelah Fitri mungkin Hesti adalah orang yang harus gue mintain maap juga. Bercandaan gue mungkin terlalu sadis ke dia, walaupun level bercandaan gue udah gue turunin. Wkwkwk. Gadis ini jurusannya ekonomi tapi ngurus uang kas selalu ga beres. Mungkin jika dia jadi Menteri Keuangan, Negara kita bisa bubar. Hahaha. Si manja yang satu ini mungkin bakat terpendamnya adalah tertawa. Setiap kita berkumpul dan bercanda dia hanya bisa ikut berpartisipasi saat ketawa.
9.      Riri
Pernah dengar istilah a friend in need is a friend indeed? Riri adalah orang itu. Banyak sekali kegiatan-kegiatan KKN gue yang berkombinasi dengan si Riri. Jadi menurut gue, proker gue ga akan jalan kalo ga ada dia. Hahaha. Kita teman kalo pas lagi ada proker aja, selebihnya ga ada hubungan sama sekali. Hahaha. Sebenarnya gue duet bareng Riri karena Riri adalah cewek yang paling bisa diandalkan diantara yang lainnya.
10.  Sisil
Sisil adalah pemilik suara cempreng yang sangat khas yang mungkin menjadi suara favorit gue diantara temen-temen KKN yang lain. Ukhti temen kentelnya Wuwu ini juga agak tulalit. Bisa dibilang dia memiliki sindrom otak jerapah. Hahaha. Jadi kalo ada orang yang membicarakan sesuatu si Sisil ini butuh waktu kurang lebih setengah jam untuk bisa memahaminya. Hahaha. Menurut gue, Sisil ini adalah manusia paling independen diantara temen-temen gue yang lain. She’s so gorgeous.

Itulah testimoni gue untuk kesepuluh temen KKN gue. Sori kalo ada testimoni gue yang menyakiti perasaan kalian gengs. Tau sendiri kan, bercanda gue terlalu serius.
perpisahan bareng keluarga pak dukuh cs
Oh iya, gue juga mau ngasih testimoni kepada anggota KKN bayangan gue (orang-orang yang ngga KKN tapi justru ikut andil terhadap program KKN kelompok gue) :
1.      Pak Dukuh a.k.a Bos Nardi
Pak dukuh yang satu ini keren banget. Gue dan temen-temen gue selalu nunggu pertimbangan-pertimbangan beliau setiap mau ngadain kegiatan. Jujur, suatu saat, gue juga pengen punya keluarga kayak beliau dimana agenda setiap pagi pak dukuh adalah menyesap secangkir kopi dikombinasikan sebatang rokok dan di sebelah atasnya ada burung peliharaan yang berkicau merdu. Betapa sederhananya surga dunia itu!
2.      Bu Dukuh a.k.a Mami Tanti
Ibuk  cantik satu ini menurut gue adalah orang yang paling punya pengaruh besar terhadap kemaslahatan kelompok KKN gue. Saran-saran ibuk sangat membantu kami baik dalam aspek intern maupun ekstern. Beliau juga orangnya enak banget buat diajak ngobrol dan selalu bisa mengayomi kelompok gue. Jujur, jasa ibuk dukuh sangat besar bagi gue pribadi maupun buat kelompok gue.
3.      Dek Bunga
Buah hati dari bapak dan ibuk dukuh ini mempunyai pipi yang sangat menggemaskan. Haha. Peran Bunga dalam kelompok KKN gue adalah dia orang yang menjadi penghubung kami dengan anak-anak dusun Selang 2 serta sebagai peta berjalan dusun Selang 2. Diet ya Dek Bunga!!! Ahahaha.
4.      Alim
Gue masih ngerasa bersalah kepada cowok dengan mulut lebar ini. Waktu KKN ngadain outbond dan di sana ada lomba diam-diaman sebenarnya gue mau milih Alim sebagai pemenang. Namun karena ada saran dari temen-temen kalo hadiahnya buat yang belum menang dan kebetulan Alim sudah dapat hadiah maka Alim ga jadi menang. Padahal Alim ini sangat khusyuk waktu lomba diam. Meskipun diganggu dia tetep keukeuh pada posisinya. Maap ya Lim.
dengan bangganya Alim memakai nametag gue

Akhirnya, sampailah gue pada tulisan penutup. Gue punya pertanyaan yang sejak awal ngeganggu gue,, apakah gue bakal ngangenin temen-temen KKN gue plus populasi dusun Selang 2? Apakah ada sekotak ruangan yang bakal gue sisain untuk mereka-mereka di hati gue?
Jujur gue pengin banget bilang kalo gue ga mau merindukan mereka. Hahaha. Tapi setelah gue pikir-pikir lagi, gue tetep ga akan merindukan mereka. Hahahaha.
Serius, butuh waktu semaleman gue untuk memikirkan masalah ini. Dan kesimpulannya adalah ……….  
“Gue bakal sangat merindukan kalian gengs,, gue bakal ngerinduin gimana biasanya kita rapat dan briefing pada malam hari, gue bakal ngerinduin waktu kita saling berebut posisi paling kanan ketika sholat untuk menjadi makmum,, gue bakal ngerinduin waktu kita saat berebut untuk menjadi yang terakhir saat mau mandi, gue bakal ngerinduin waktu gue dan Anggara ngebully Fitri dan Hesti,  gue bakal ngerinduin dengkuran ritmis Anggara, gue bakal kangen curhat bareng Dian, gue bakal kangen proker bareng Riri, gue bakal kangen ketawanya Hesti, gue bakal ngerinduin suara khasnya Sisil, gue bakalan kangen ngupilnya si Fitri, gue bakal kangen masakannya Hatmi, gue bakal kangen tidurnya Algho, gue bakal kangen Ali ketika mimpin rapat di malam hari, gue bakal kangen mbercandain Wuwu, gue juga bakal kangen ngobrol santai bareng pak dukuh bu dukuh,, gue bakal kangen pipi gemesnya Bunga dan mulut lebarnya Alim, gue bakal kangen kumis seksinya pak Kartijo, gue bakal kangen TPA di masjid Nur Iman, gue bakal ngerinduin momen-momen ga bermutu dan ga berkualitas bareng kalian gengssss.“

Cukup sekian aja deh tulisan gue ini. Salah kata dan tulisan memang disengaja. Karena menurut gue, gue selalu bener. Trima kasih. Chiaoo

“Don't cry because it's over, smile because it happened.”
Dr. Seuss

Comments

  1. KKN itu adalah waktu yang akan mempertemukan kita dengan orang-orang baru yang mengajarkan pengalaman :)

    ReplyDelete
  2. wow, sweet. edited gan inspired

    ReplyDelete
  3. hwahahaha.. ngingetin gue sama kkn gue bbrp bulan yang lalu. jadi, gue mahasiswa malang yang kkn an di malang juga. gue kkn mulai dari mei sampe juni (5 minggu). dan ya, banyak cerita dan kisah yang terjadi. tapi anggota gue lebih banyak dari lo, ada sekitar 20 orang. duuh, ngebaca kisah lo ini, gue jadi pengen nulis-nulis ginian juga di blog gue. lo nginspirasi banget dah dengan kekonyolan anggota kkn lo.
    eh ngomong-ngomong, ada cerita klasik kkn juga gak? itu tuuuhhh.. cinlok! hahahahaha

    btw, mampir mampir yuk ko ke blog gue, kalo lo sempet. eh nggak ding! harus disempetin.
    hahah.. maap, becanda gue juga serius kayak lo.
    main ya ke tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahha,, makasih dah mampir...
      ayoo,, sharing cerita kkn lo,, gue juga pengen tahu kisah lo :)
      kalo cinlok mah yaaa gitu deh, ahaha... paling banter gue cuma cinlok ama bu dukuhnya hahaha
      oke,, gue mau cuss ke blog lo nih hahahaha

      Delete
  4. Wah apik iki...
    Aku dulu jg di Gunung Kidul...
    Marakke lemu hehehe
    Salam kenal Aleks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes,, gue dulu waktu kkn berat badan gue naik
      . haha
      Salam kenal juga fitri

      Delete
  5. Sip. Luar biasa leks. Terbukti kalau kamu anak bloger... Hahaa ceritanya ini kangen KKN yaa haha. Ketika KKN sudah berlalu berganti PPL dan sekarang pun sudah Skripsian.

    Optimis sampai finish

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts